Menag Akan Antar Raja Salman Bertolak ke Jepang

By Admin

nusakini.com--Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin akan mengantar Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al-Saud untuk bertolak ke Jepang di Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali, besok, Minggu (12/3). Menag bersama Gubernur Bali dan sejumlah pejabat terkait akan mengantar kepulangan Raja Salman setelah melakukan kunjungan kenegaraan dilanjutkan dengan berlibur di Pulau Dewata selama sembilan hari. 

"Raja Salman akan meninggalkan Indonesia melalui Bali menuju negara Jepang, dan sebagai wakil Pemerintah, saya ditunjuk mewakili dalam rangka melepas kepulangan beliau ke Jepang," ujar Menag saat tiba di Bali, Sabtu (11/3). 

Menurut Menag, tidak ada acara khusus dalam proses kepulangan Raja Salman, raja akan datang ke Bandara sebelum pukul 10.30 Wita, lalu melakukan pamitan dengan bersalam-salaman, dan selanjutnya raja menuju ke pesawat melalui tangga khusus. 

"Jadi tidak ada acara khusus saat kepulangan raja ke Jepang, karena seluruh acara kenegaraan sudah dilakukan di Jakarta, seperti penandatanganan nota kesepahaman atau MoU dan lainnya, dan beliau beserta delegasi selama di Bali semata untuk liburan," kata Menag. 

Menurut jadwal, Raja Salman beserta rombongan akan bertolak ke Jepang pukul 11.30 Wita. Raja Salman seperti tertuang dalam nota yang disampaikan Kedutaan Besar Arab Saudi ke Kementerian Luar Negeri, memperpanjang masa liburannya di Bali tiga hari atau sampai tanggal 12 Maret 2017 setelah sebelumnya terjadwal hanya sampai tanggal 9 Maret 2017. 

Sebelum mengunjungi Pulau Dewata beserta rombongan untuk liburan pada Sabtu (4/3), Raja Salman yang tiba di Jakarta hari Rabu (1/3) disambut langsung Presiden Joko Widodo di Bandara Halim Perdanakusuma, selanjutnya menuju Istana Bogor untuk melakukan sejumlah agenda kenegaraan. Hari kedua, Raja Salman berpidato di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, berkunjung dan Shalat Sunnah di Mesjid Istiqlal, bertemu dengan tokoh-tokoh dan pimpinan ormas Islam di Istana Negara, dan pada Jumat (3/3) Raja Salman bersama Presiden Joko Widodo bertemu dan dialog dengan tokoh-tokoh lintas agama di Hotel Rafless yang menjadi kediaman Raja selama di Jakarta.(p/ab)